Selasa, 29 Maret 2016

SIstem Basis Data Lanjut - Sebelum saya mengenal software satu ini, setiap saya ingin merancang dan memanage database, saya biasa melakukannya dengan melakukan query manual atau menggunakan tool pembantu dari vendor (seperti MySQL Administrator pada MySQL). Untuk database yang tidak berukuran besar dan memiliki nilai kompleksitas yang rendah, saya masih nyaman dengan menggunakan metode tersebut. Namun sejalan dengan meningkatnya kebutuhan untuk database yang lebih besar dan memiliki kompleksitas yang cukup rumit, metode tersebut sangat sulit untuk dijalankan dalam merancang dan mengatur database.
Setelah sekian lama saya berkutat dalam manajemen database secara manual, akhirnya saya ketemu juga dengan mainan baru ketika awal praktek kerja lapangan, Sybase Power Designer, sebuah software pemodelan data. Software ini sebetulnya mempunyai banyak fungsi, namun yang akan saya tekankan disini hanya fungsi manajemen databasenya. 
Nah, berikut adalah perkenalan dengan aplikasi powered designer virtual 12.0 yang aplikasi tersebut akan digunakan untuk mendesaign atau menyusun suatu data yang nantinya akan diprogram ke dalam bentuk query database. Dan ada beberapa tool yang terdapat dalam aplikasi powered desaign virtual 12.0 yaitu :
Gambar 1.1
Pada Gambar 1.1 terdapat lingkaran merah yang melingkari tool yang digunakan yaitu :
  1. NEW, digunakan untuk membuat lembaran baru pada pembuatan desaign database yang akan kita rancang.
  2. Save All, digunakan untuk menyimpan semua data dan hasil dari penyelesaian pembuatan suatu rancangan database.
  3. IMPORT, digunakan untuk memasukkan suatu file entah itu gambar atau yang lainnya untuk dimasukkan kedalam model rancangan database.

Gambar 1.2

Pada Gambar 1.2 terdapat lingkaran yang melingkari tool, berikut penjelasan tentang tool :

  1. NEW MODEL, dengan mengeklik tool NEW yang pertama maka akan keluar tabel seperti di gambar 1.2, dan digambar tersebut digunakan untuk membuat model baru dengan murni rancangan kita sendiri tanpa menggunakan bantuan apapun.
  2. NEW MODEL FROM TEMPLATE, digunakan untuk membuat model baru tetapi menggunakan template atau suatu ruang yang sudah terisi, dan kita hanya mendesain dan memperbaiki ulang sesuai dengan keinginan kita.
  3.  OK, ketika pemilihan antara kedua button tersebut maka anda harus mengeklik OK untuk melanjutkan suatu proses perancangan suatu database.

Gambar 1.3

Pada Gambar 1.3 terdaoat tool-tool yang digunakan dalam pembuatan rancangan database yaitu:
  1. SELECT, digunakan untuk memilih tabel satu dengan yang lain, dan macam-macam pergerakan pembuatan database.
  2. MOVE, digunakan untuk memindah tata letak suatu tabel agar dapat membentuk susunan tabel yang spesifik.
  3. PERBESAR, digunakan untuk memperbesar layar dalam aplikasi tersebut agar penulisannya dapat dilihat dengan jelas.
  4. PERKECIL, digunakan untuk memperkecil layar dam aplikasi tersebut.
  5. CUT, digunakan untuk memotong atau mengahpus suatu tabel yang tidak perlu dalam pembuatan database.
  6. TEXT, digunakan untuk menuliskan kalimat pada tabel yang telah kita rancang dalam suatu database.

1 komentar:

  1. westcott scissors titanium - TITanium Artists
    3D model titanium block of the titanium gold top of the Westcott ray ban titanium scissors stainless steel slot. 출장마사지 the slots machine with the slot. 3d model of the top of the Westcott scissors stainless steel slot. titanium eyeglasses

    BalasHapus